Juli 5, 2020

Mengapa Minyak Ikan Omega 3 Penting Untuk Kesehatan

Minyak omega 3 telah disebut “makanan ajaib abad ke-21”. Banyak profesional kesehatan dan organisasi kesehatan, termasuk American Heart Association, setuju bahwa ada banyak manfaat kesehatan gizi yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi lemak Omega 3. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa Tablet Minyak Ikan omega 3 dapat membantu mencegah penyakit jantung, mempertahankan tekanan darah dan kadar kolesterol yang optimal, dan memberikan bantuan untuk nyeri sendi, migrain, depresi, penyakit autoimun, dan kondisi lainnya.

Lemak omega 3 adalah lemak tak jenuh ganda yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh kita. Asam lemak omega 3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita dan karena itu harus diperoleh melalui diet kita baik dalam makanan kita atau dengan mengambil suplemen. Ada banyak jenis lemak omega 3, tetapi yang paling penting adalah asam alfa-linolenat (ALA), asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Biji rami dan kenari adalah sumber yang baik untuk ALA.
Minyak ikan adalah sumber yang sangat baik untuk EPA dan DHA.

Ahli gizi telah mengakui pentingnya menyeimbangkan asam lemak omega 3 dengan asam lemak omega 6 dalam makanan kita. Asam lemak omega 3 ditemukan terutama pada ikan air dingin berminyak seperti salmon, tuna dan mackerel. Asam lemak omega 6 terutama ditemukan dalam makanan kaya seperti margarin, sereal, roti gandum, makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng. Sebagian besar orang di belahan dunia barat mengonsumsi asam lemak omega 6 jauh lebih banyak dan rasio asam lemak Omega 6 ke Omega 3 jauh dari keseimbangan. Menurut Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention, ada banyak bukti yang membuktikan bahwa orang dengan rasio omega 6 dan omega 3 yang tinggi memiliki risiko 95% lebih tinggi terkena kanker usus besar. Penelitian ini berlangsung di Shanghai China dengan 73.240 peserta.

Untuk meningkatkan kesehatan kita, kita perlu meningkatkan asam lemak omega 3 kita dan mengurangi asam lemak omega 6 kita. Kita dapat meningkatkan asam lemak omega 3 kita dengan mengonsumsi lebih banyak salmon hasil tangkapan liar, tuna albacore, kenari, biji rami dan alpukat. Salah satu kelemahan memakan ikan adalah mengandung polutan yang semakin tinggi seperti PCB, timbal dan merkuri. Kondisi ini ada karena polusi industri yang telah menumpuk di aliran, sungai, dan lautan di seluruh dunia. Karena sebagian besar ikan saat ini terkontaminasi, mungkin lebih baik untuk meningkatkan asupan minyak ikan dengan mengonsumsi suplemen. Kita bisa mengurangi asam lemak omega 6 kita dengan mengonsumsi makanan yang kurang kaya seperti mayones, saus salad, makanan olahan, dan makanan cepat saji.

Manfaat minyak ikan Omega 3

1. Menurut American Heart Association, uji klinis telah membuktikan bahwa minyak ikan omega 3 efektif dalam mengurangi insiden penyakit kardiovaskular termasuk serangan
jantung dan aritmia jantung. Minyak ikan Omega 3 menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Minyak ikan juga membantu mengurangi risiko pembekuan darah di arteri kita dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Studi terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen Omega 3 telah menghasilkan peningkatan fungsi otak termasuk memori dan kemampuan berpikir. Hasil yang menjanjikan juga terlihat dalam menurunkan risiko disfungsi otak terkait usia seperti Alzheimer dan demensia. Selain itu, penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara asupan Omega 3 dan tingkat gangguan mood yang lebih rendah, terutama depresi dan gangguan bipolar.

3. Minyak ikan Omega 3 memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan kita. Konsumsi suplemen minyak ikan secara teratur bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit radang kronis seperti radang sendi dan rematik.

4. Minyak ikan telah ditemukan bermanfaat bagi wanita hamil karena DHA dalam
minyak ikan membantu dalam pengembangan mata dan otak bayi. Ini membantu dalam menghindari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah dan keguguran.

5. Diabetes tipe 2 ditandai dengan tingginya kadar trigliserida dalam darah dan kadar kolesterol baik yang lebih rendah. Karena minyak ikan Omega 3 menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), ia mengurangi risiko yang terkait dengan diabetes. Risiko kematian akibat serangan jantung bagi penderita diabetes sekitar 6 kali lebih tinggi daripada populasi umum.

6. Degenerasi makula adalah kondisi terkait usia yang dapat menyebabkan kebutaan total pada usia yang lebih tua. Sampai saat ini tidak ada perawatan untuk kondisi ini. Studi terbaru menunjukkan bahwa
minyak ikan omega 3 mengurangi risiko degenerasi makula pada usia lanjut.

7. Minyak ikan Omega 3 membantu memperbaiki kondisi kulit yang buruk dan kering dengan membuatnya bersinar dan bercahaya. Kulit kita cenderung kehilangan minyak alami sepanjang waktu dan suplemen minyak ikan membantu menggantikan minyak alami ini dan memperbaiki penampilan kulit. Banyak kondisi kulit dapat dibantu dengan mengonsumsi suplemen Omega 3 termasuk eksim, psoriasis, jerawat, kulit kering, dan kulit mengelupas.

8. Minyak ikan membantu menjaga kilau rambut yang baik. Omega 3 memiliki sifat tumbuh rambut yang memberikan nutrisi ke folikel rambut. Karena itu membantu dalam pengembangan rambut lebih cepat dan membantu mencegah rambut rontok.

Mengingat semua manfaat kesehatan pengobatan hnp tanpa operasi yang mengesankan ini, saya merasa sulit untuk percaya mengapa seseorang tidak akan mengonsumsi minyak ikan omega 3. Jadi pertanyaan pertama adalah merek apa yang terbaik? Setelah melakukan penelitian ekstensif pada berbagai merek, saya menemukan bahwa Nordic Naturals adalah minyak ikan omega 3 berkualitas tinggi di pasaran. Merek ini direkomendasikan oleh beberapa dokter dan dua agensi laporan konsumen yang berbeda melakukan serangkaian tes pada merek minyak ikan yang berbeda dan menemukan bahwa Nordic Naturals memiliki skor tertinggi. Pertanyaan kedua adalah berapa banyak minyak ikan omega 3 yang perlu saya konsumsi? Untuk tujuan keamanan, FDA merekomendasikan tidak lebih dari 3 gram EPA dan DHA gabungan per hari. Saya menggunakan produk Nordic Naturals Ultimate Omega yang mengandung lebih banyak EPA dan DHA per kapsul. Untuk produk khusus ini, Anda hanya perlu mengonsumsi 2 kapsul per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *